PENGERTIAN
ORGANISASI DAN METODE
Organisasi
ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja
bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang
telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang
yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.
suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.
suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.
Adapun ciri-ciri dari organisasi adalah
- Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
- Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)
- Adanya tujuan
- Adanya sasaran
- Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
- Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
Menyangkut hal itu pengertian organisasi juga merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
- organisasi.
Organisasi
dapat kita artikan sebagai berikut :
Wadah :
tempat dimana sekelompok manusia bekerjasama untuk satu tujuan.
Proses :
pengelompokan manusia untuk bekerja secara efisien.
- metode.
Merupakan
suatu tata kerja untuk mencapai suatu tujuan.
Dari
pengertian organisasi dan metode di atas maka dapat kita ambil kesimpulan,
Bahwa
pengertian organisasi secara keseluruhan adalah :
- rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunanan segala sumber dan factor yang menentukan untuk barhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam mencapai tujuan yang ditetapkan.
Ada beberapa
pengertian yang terkandung dari atas yaitu :
- organisasi dan metode merupakan syarat pelaksanaan kerja yang menjadi kunci utama.
- Organisasi dan metode merupakan bagian penting dalam kegiatan manajemen.
- Organisasi dan metode bisa memanfaatkan waktu yang ada.
- Untuk mencapai tujuan, organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efesiensi kerja.
Hubungan
antara organisasi dan metode dengan manajemen sangat erat kaitannya. Hingga
dapat dikatakan bahwa organisasi dan metode merupakan salah satu bidang
pengkhususan dari manajemen.
Manajemen
merupakan proses kegiatan seorang pemimpin(manajer).yang harus
Melakukan cara cara pemikiran yang rasional atau praktis dalam mencapai
tujuan yang telah ditetapkan melalui kerjasama dengan sumber tenaga kerja
lainnya dengan setepat tepatnya dalam mencapai tujuan tersebut.SUMBER : joejoe.blogdetik.com/2010/04/26/organisasi-dan-metode/