KONSEP
PERILAKU ORGANISASI
•ORGANISASI : sistem kerjasama sekelompok orang yg mempunyai aturan & keterikatan tertentu
untuk mencapai tujuan yg telah ditentukan.
•PERILAKU
: sikap & tindakan (behavior;
way of thinking
or
behaving).
•ILMU PERILAKU ORGANISASI : ilmu tentang perilaku tiap individu & kelp, serta pengaruh individu & kelompok terhadap organisasi, maupun perilaku interaksi antara individu dgn individu, individu dgn kelompok, serta kelompok dgn kelompok dlm organisasi demi kemanfaatan suatu organisasi.
PERILAKU ORGANISASI dalam Manajemen :
a.Manajemen Tradisional (Traditional
Management) : Setiap individu memiliki perilaku tertentu dlm perencanaan, organisasi, penggerakan, dan pengawasan (POAC); Setiap kelp mpy karakteristik tertentu dlm berinteraksi di dlm maupun antar kelompok/instansi/unit kerja,
b.Manajemen Berdasar Sasaran (Management by Objectives) : setiap idividu atau kelompok memiliki interest tertentu dlm menentukan sasaran kerja tiap unit dan bahkan sasaran organisasi.
c.Manajemen Stratejik (Strategic Management) : Setiap individu atau kelompok memiliki pandangan yg berbeda dlm menganalisa lingkungan, penentu visi dan misi, perumusan strategi, implementasi strategi, maupun pengendalian strategi.
d.Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management / TQM) : Setiap individu atau kelompok memiliki tolok ukur mutu yg berbeda dan memiliki komitmen mutu yg berbeda pula.
SUMBER : http://dunia.pelajar-islam.or.id/dunia.pii/arsip/perilaku-dalam-organisasi.html